Kamis, 25 Oktober 2012

ANALISIS INVESTASI DAN MANAJEMEN PORTOFOLIO


TUGAS MATA KULIAH ANALISIS INVESTASI DAN MANAJEMEN PORTOFOLIO

DEFINISI DARI:

Investasi langsung di pasar uang             :
Treasury bill
                Treasury bill adalah surat utang jangka pendek yang diterbitkan oleh negara dan dijual atas dasar diskonto, biasanya berjangka waktu 90 hari, 180 hari, 270 hari, dan maksimal satu tahun .
Deposito yang dinegoisasi
                Deposito yang dinegoisasi adalah aktiva keuangan suatu perusahaan yang dapat diperjual belikan di pasar uang yang mempunyai risiko gagal kecil, jatuh tempo pendek dan tingkat cair tinggi.
Investasi langsung di pasar modal          :
Treasury bond
                Treasury bond adalah sekuritas pemerintah yang digunakan untuk pendanaan dalam utang pemerintah. Pembayaran kuponnya bersifat semi-annual. Ketika diterbitkan, US Treasury Notes memiliki masa jatuh tempo 2 (dua) sampai 10 (sepuluh) tahun dan US Treasury-Bond memiliki masa jatuh temponya lebih dari 10 (sepuluh) tahun. Fungsi dari Treasury bond yaitu untuk mengontrol jumlah uang yang beredar. Apabila treasury bond nya dijual maka mengurangi jumlah uang beredar, sehingga mengurangi likuiditas. Apabila treasurnya dibeli kembali maka meningkatkan jumlah uang beredar dan menurunkan tingkat suku bunga.
Federal agency securities
                Federal agency securities adalah surat hutang dari perusahaan-perusahaan dan agen-agen untuk mendukung program pemerintah Negara bagian di Amerika. Ada 5 agen besar yang memperjual-belikan sekuritas ini yaitu Federal National Mortgage Association, The Federal Home Loan Banks, The Federal Land Banks, The Federal Intermediate Credit Banks and The Banks for Cooperatives.
Municipal bond
                Municipal bond adalah jenis obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.. Biasanya di Amerika disebut dengan istilah Muni’s. Adapun maksud pemerintah daerah mengeluarkan municipal bonds kepada masyarakat adalah untuk memperoleh dana yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan daerahnya. Sebagai pihak yang mengeluarkan surat hutang, pemerintah daerah wajib untuk memberikan bunga secara periodik kepada anggota masyarakat yang membeli municipal bonds tersebut. Adapun karakteristik utama yang menjadikan municipal bonds lain dari jenis obligasi lainnya dan menarik perhatian para investor untuk menjadikannya sebagai salah satu instrumen investasinya adalah adanya pembebasan pajak yang mencakup pajak pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Corporate bond
Corporate Bond adalah sekuritas yang mencerminkan janji dari perusahaan yang menerbitkan untuk memberikan sejumlah pembayaran berupa pembayaran kupon dan pokok pinjaman kepada pemlik obligasi, selama jangka waktu tertentu. Perusahaan yang menerbitkan obligasi disebut debitur, sedangkan investor yang membeli obligasi disebut kreditur. (Timothy and Joseph 408). 
Convertible bond
                Convertible bonds adalah salah satu jenis obligasi yang memiliki kekhususan. Obligasi ini dapat dikonversi ketika terdapat keputusan pemilik obligasi menjadi sejumlah sekuritas lain yang diterbitkan oleh perusahaan yang sama. Biasanya sekuritas lain tersebut adalah common stock.
Saham-saham (equity securities)               :
Saham preferen (preferred stock)
                Merupakan saham yang mempunyai sifat gabungan antara obligasi dan saham biasa.
Adapun ciri – ciri dari saham preferen menurut Dahlan Siamat (1995:385) adalah:
  1. Memiliki hak paling dahulu memperoleh deviden.
  2. Tidak memiliki hak suara.
  3. Dapat mempengaruhi manajemen perusahaan terutama dalam pencalonan pengurus.
  4. Memiliki hak pembayaran maksimum sebesar nilai nominal saham lebih dahulu setelah kreditur apabila perusahaan dilikuidasi.
Saham biasa (common stock)
                Saham biasa adalah efek dari penyertaan pemilikan (equity security) dari badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas. Saham biasa memberikan jaminan untuk turut serta dalam pembagian laba dalam bentuk deviden, apabila perusahaan tersebut memperoleh laba.
Menurut Dahlan Siamat (1995:385), ciri – ciri dari saham biasa adalah sebagai berikut:
  1. Dividen dibayarkan sepanjang perusahaan memperoleh laba.
  2. Memiliki hak suara (one share one vote).
  3. Hak memperoleh pembagian kekayaan perusahaan apabila bangkrut dilakukan    setelah semua kewajiban perusahaan dilunasi.
Investasi langsung di pasar turunan :
Waran (warrant)
                Waran adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham perusahaan dengan persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Persyaratan tersebut biasanya mengenai harga, jumlah, dan masa berlakunya warrant tersebut. Warrant juga merupakan surat berharga yang memberi hak kepada pemegangnya untuk membeli saham/surat berharga dari penerbit waran tersebut dengan harga tertentu. Waran biasanya merupakan instrumen jangka panjang, karena tanggal jatuh temponya umumnya lebih dari setahun.
Opsi (option)
Opsi adalah suatu perjanjian/kontrak antara penjual opsi (seller/writer) dengan pembeli opsi (buyer), dimana penjual opsi menjamin adanya hak (bukan kewajiban) dari pembeli opsi, untuk membeli atau menjual saham tertentu pada waktu dan harga yang telah ditetapkan.
Kontrak berjangka (futures contract)
                Kontrak berjangka merupakan suatu kontrak standard yang diperdagangkan pada bursa berjangka, untuk membeli ataupun menjual aset acuan dari instrumen keuangan pada suatu tanggal dimasa akan datang, dengan harga tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar